Jenis-jenis Profesi

10 Jenis Profesi Online Yang Patut Dilirik

Masih banyak pekerjaan lain yang bisa anda tawarkan di dunia maya. Internet sungguh anugerah yang tak terkira. Banyak pilihan pekerjaan yang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan internet. Untuk bekerja di internet, tidak hanya menjadi jurnalis media online misalnya. Apalagi, jika merasa tak berbakat menulis.

Namun anda tak perlu khawatir. Masih banyak pekerjaan lain yang bisa anda tawarkan di dunia maya. Joko Susilo, seorang praktisi bisnis online ternama memaparkan sejumlah alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan di internet.
Dia menyebutkan 10 macam pekerjaan online yang pantas anda lirik dan tekuni seperti ditulis dalam blognya. Berikut ringkasan ke-10 jenis pekerjaan itu.

1. Jasa membuat blog dan situs web.
Anda bisa menawarkan kemampuan membuat blog dan situs web pada perusahaan, institusi atau organisasi. Tengok sekeliling anda, mungkin ada kantor baru buka yang bisa anda tawari keahlian anda.

2. Konsultan blog.
Tugas utamanya memberikan saran kepada klien baik yang sudah punya blog maupun yang belum. Misalnya, soal konsep blog, brand dan strategi, dan seterusnya. Namun, untuk sukses, anda perlu membangun reputasi dahulu.

3. Konsultan SEO (search engine optimization).
Saat internet makin sesak dengan melimpahnya situs web, agar menjadi nomor satu di halaman depan search engine, SEO menjadi penting.

4. Menjadi web designer.
Biasanya pekerjaan mendesain web langsung tercakup pada jasa pembuatan situs web. Namun kalau anda merasa punya keahlian khusus pada bidang ini, anda bisa menawarkannya secara terpisah. Misalnya, klien yang ingin mempercantik desain webnya saja.

5. Web developer dan programmer.
Kalau anda punya keahlian khusus soal ini, anda bisa tawarkan keahlian itu secara online.

6. Illustrator dan desainer grafis.
Anda bisa tawarkan keahlian anda itu secara online. Lengkapi dengan berbagai contoh hasil desain/ilustrasi anda.

7. Fotografer dan juru kamera.
Kalau anda pintar memotret atau shooting dengan kamera, anda bisa menawarkan keahlian lewat internet. Agar order meluas, anda perlu membangun jaringan dengan rekan di daerah lainnya.

8. Ahli komputer.
Kalau anda pakar komputer, baik hardware, software, operating system, anda bisa tawarkan keahlian itu. Misalnya, jika ada yang kebingungan karena datanya hilang diserang virus, atau mungkin komputernya error.

9. Jual beli situs web/blog.
Kalau anda jago membenahi sebuah situs web/blog, anda bisa membantu membenahi sampai mendatangkan banyak traffic, lalu jual. Anda buat blog lagi, benahi lagi, dan jual. Begitu seterusnya.

10. Menjadi perantara pencari kerja.
Anda bisa menjadi perantara bagi perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dan pencari kerja. Posisi apa yang sedang dibutuhkan suatu perusahaan bisa anda carikan orangnya. Begitupun sebaliknya.
Untuk lebih detilnya, silakan mengunjungi blog Jokosusilo.com

Sumber : http://bisnis.vivanews.com/news/read/64019-10_jenis_profesi_online_yang_patut_dilirik

About these ads

About karamah4ka08

blog untuk tugas kampus..
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s